Kota Tangerang Selatan (City Of Opportunity)

Kota Tangerang Selatam berada di provinsi Banten, 30 km sebelah barah jakarta, dan memiliki luas sebesar 147,2 Kilometer persegi. Tangerang Selatan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Berdiri pada 26 November 2008 dan memiliki populasi sebanyak 1.593.812 jiwa. Kecamatan Ciputat merupakan pusat pemerintagan Tangerang Selatan.

Tangerang Selatan dulunya merupakan wilayah karesidenan Belanda dan mempertahankan tiga etis yaitu suku Sunda, suku Betawi, dan Suku Tionghoa. Berubahnya Tangerang Selatan sebagai kota otonom berasal dari warga wilayah setempat karena pemerintah kabupaten tangerang kurang memperhatikan Tangerang Selatan. 27 Desember 2006, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang menyetujui adanya Kota Tangerang Selatan. 29 Oktober 2008 Mentri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, meresmikan kota Tangerang Selatan dengan 7 kecamatan yaitu Ciputat, Ciputat timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu yang disetujui oleh DPRD pada 27 Desember 2006.

-BSD-
-Bumi Serpong Damai-
"Big City, Big Opportunity"
Merupakan satelitnya Jakarta dimana kota ini mampu berdiri sendiri dengan fasilitas yang disediakan oleh daerah tersebut. Fasilitasnya seperti wilayah industri, perkantora, perdagangan, pendidikan, wisata, dan perumaha. Dengan adanya fasilitas itu banyak kesempatan untuk bekerja atau membuka usaha sendiri. Oleh karena itulah BSD menjadi provit terbesar Tangerang Selatan punya.

-Budaya dan seni Tangerang Selatan-
Bisa dibilang kalau Tangerang Selatan merupakan "City Of Cultures", kota budaya karena beragam budaya yang sudah ada sejak Tangerang Selatan belum di resmikan menjadi kota mandiri.
Budaya Tangerang Selatan salah satunya ialah Kesenian Lenong. Kesenian ini sama halnya seperti teater yang di iringi dengan berbagai macam alat musik.

Barongshai merupakan budaya adopsi dari tionghoa. Kenapa bisa di adopsi? Karena banyaknya populasi tionghoa di Tangerang Selatan yang selalu meningkan di tiap tahunnya. Barongshai hanya ditampilkan pada hari imlek saja.

Kesenian Gambang Kromong merupakan musik orkes yang mencampur gamelang dengan alat musik tionghoa. 

Tarian Lenggang Cisadane, tarian yang mempadukan budaya yang ada kota Tangerang Selatan seperti Sunda, Betawi, China, Jawa, Arab, dan dan lainlain.


Comments

Popular Posts